Animasi Sebagai Media Promosi dan Pembelajaran

A. Sejarah Animasi

Perjalanan animasi hingga sampai ke saat ini memiliki sejarah yang panjang, sejarah perkembangan animasi di dunia sudah berlangsung sejak awal abad ke 20 karena proses perubahannya dari waktu ke waktu memiliki proses yang cukup lama. Perkembangan konten animasi ini melibatkan berbagai proses penggunaan suara tampilan, hingga teknologi yang lebih modern. Animasi akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya inovasi teknologi dan kreativitas seniman. Hal ini membuat animasi menjadi salah satu bentuk seni yang paling menarik dan berpengaruh dalam sejarah dunia hiburan.

Lalu bagaimana sejarah terciptanya animasi di dunia ?

B. Terciptanya Animasi

1. Phenakistoscope (1832)

Phenakistoscope yakni piringan karton berputar yang menciptakan ilusi Gerakan pada cermin ditemukan oleh dua orang berbeda secara bersamaan. Terinspirasi oleh karya ilmuwan Inggris Michael Faraday, fisikawan Belgia Joseph Plateau mulai bereksperimen dengan ilusi optik saat masih menjadi mahasiswa di akhir tahun 1820-an. Eksperimen ini pada akhirnya membawanya untuk menciptakan fenakistoskop beberapa tahun kemudian. Pada saat yang sama, ahli matematika dan penemu Austria Simon von Stampfer juga terinspirasi oleh karya Faraday, dan dia juga menemukan versi fenakistoskop, yang dia beri nama stroboskop.


Cara kerja phenakistoscope sangat sederhana, namun efek yang dihasilkannya sangat keren. Serangkaian gambar digambar pada cakram karton, dan kemudian celah dipotong pada karton di antara setiap gambar. Sebuah spindel dengan pegangan kemudian ditempatkan melalui bagian tengah piringan sehingga piringan dapat dengan mudah diputar dengan tangan. Ujung spindel kemudian diletakkan di atas cermin, dengan urutan bayangan menghadap cermin. Pengguna kemudian memutar spindel untuk memutar cakram karton dengan cepat, dan saat orang tersebut melihat melalui celah tersebut, gambar tampak bergerak sebagai animasi gerakan berputar. Cara fenakistoskop menipu otak Anda sama seperti cara bingkai film menipu otak Anda – ketika gambar yang berurutan muncul secara berurutan dengan cukup cepat, otak Anda mengubah fitur animasi menjadi satu gambar yang bergerak secara konsisten. Phenakistoscope sangat populer selama sekitar dua tahun sebelum perkembangan teknologi baru membuka dunia animasi.

2. Zoetrope (1834)

Zoetrope pada dasarnya adalah versi silinder dari fenakistoskop, dan menggunakan trik gerakan persistensi yang sama untuk menciptakan ilusi gerakan fluida. Jika fenakistoskop menggunakan cakram datar, zoetrope sebenarnya adalah drum dengan serangkaian gambar pada strip yang ditempatkan di dalamnya. Gambar adalah rangkaian bingkai yang mengalami perubahan bertahap, seperti dalam animasi modern. Di bagian luar drum terdapat sejumlah celah yang berjarak sama. Drum kemudian diputar pada porosnya, dan ketika pemirsa melihat melalui celah tersebut, gambar tersebut terlihat seperti bergerak. Ini adalah contoh bagus lainnya dari animasi gerak awal.


Dengan perubahan format ini ada sejumlah perbaikan. Pertama, meskipun Anda memerlukan cermin untuk membuat fenakistoskop, zoetrope menghilangkannya sehingga lebih mudah diakses. Menjadi sebuah silinder juga berarti lebih dari satu orang pada satu waktu dapat melihatnya. Selain itu, strip di dalam drum mudah diganti. Zoetrope awalnya dikembangkan oleh ahli matematika Inggris William George Horner pada tahun 1834, tetapi tidak ada yang benar-benar terjadi selama lebih dari tiga puluh tahun. Kemudian pada tahun 1867, perusahaan mainan Milton Bradley mematenkan versi zoetrope dan menjadi sukses besar.

3. Theatre Optique

Pada tahun 1888, Charles-Emile Reynaud meningkatkan kemampuannya ketika dia memperbaiki penemuan Praxinoscope aslinya dan menciptakan Theater Optique. Jika Praxinoscope hanya menggunakan satu rangkaian gambar di bagian dalam silinder, Theater Optique menggunakan gulungan gambar transparan panjang yang dililitkan di antara dua gulungan. Reynaud sendiri melukis gambar-gambar itu dengan tangan, dan setiap gulungan animasi yang digambar tangan berisi antara 300 dan 700 bingkai berbeda dan panjangnya bisa mencapai 50 meter. Gulungan ini kemudian dililitkan di antara dua gulungan, dan gambar diproyeksikan ke gambar latar belakang. Serangkaian cermin dan lentera ajaib digunakan untuk memungkinkan proyeksi, dan kemudian Reynaud akan mengoperasikan perangkat tersebut dengan tangan dan mengontrol kecepatan pemutaran.


Reynaud mencoba menjual sistemnya dengan film-film tersebut, dan ketika hal ini tidak berhasil, dia memutuskan untuk mulai melakukan pemutaran teater. Dia akhirnya menayangkan film animasinya di Musée Grévin di Paris, dan antara tahun 1892 dan 1900 dia sukses besar dengan menampilkan 12.800 pertunjukan di hadapan lebih dari 500.000 pengunjung. Film animasi tersebut berdurasi antara 10 dan 15 menit, dan bahkan menyertakan efek suara yang dipicu oleh tab perak pada gulungan yang mengaktifkan elektromagnet yang kemudian memicu suara seperti bel atau drum. Film-film tersebut juga memiliki musik yang ditulis khusus untuk mereka dan kemudian diputar secara live dengan piano, dan dialog langsung. Ini dianggap sebagai film animasi yang diproyeksikan pertama di dunia dan awal dari bentuk seni. Reynaud adalah pionir animasi sejati, dan metodenya dalam menggunakan latar belakang diam yang terpisah daripada menggambar latar belakang ke dalam bingkai dengan karakter bergerak menjadi pokok animasi cel, yang digunakan oleh kartun klasik dan industri animasi selama beberapa dekade. Tanpa karya Reynaud, film mungkin tidak akan ada saat ini.
Setelah mengetahui semua itu saatnya kita untuk mempelajari animasi. Memangnya apa saja kegunaan animasi selain untuk sebuah hiburan ?

C. Fungsi Animasi

1. Media Promosi


Di dalam animasi sangat memungkinkan seorang animator untuk berekspresi menampilkan karya unik dengan menuangkan kreativitas dan cirikhas pencipta didalamnya, hal tersebutlah yang dapat membuat sebuah animasi menjadi lebih unik dibandingkan dengan media konvensional lainnya. Perkembangan dunia internet saat ini membuat semua hal menjadi lebih mudah, baik dari segi, pencarian informasi, berinteraksi sosial tanpa batasan jarak, dan tentunya mempermudah dalam melakukan kegiatan promosi baik produk maupun dalam bentuk penawaran jasa.

Youtube.com, merupakan salah satu situs website yang menggunakan internet untuk menjalankan fiturnya, dimana dengan youtube, seorang pengguna dapat memposting atau menampilkan video maupun animasi agar dapat dilihat dan dinikmati orang banyak. Banyaknya pengguna youtube, sangat menguntungkan sebuah promosi dengan menggunakan media tersebut. Animasi Promosi yang diterapkan pada media Youtube, sudah makin banyak penggunanya, karena banyaknya pengunjung dan kemudahan yang ditawarkan oleh media youtube. Sebagian besar, dalam Animasi Promosi menggunakan tampilan visual yang sederhana, informasi dengan text yang jelas, dan penambahan karakter animasi berupa karikatur guna menambah tampilan animasi menjadi lebih menarik

2. Media Pembelajaran


Pembelajaran konvensional yang hanya mengandalkan buku teks dan ceramah dari guru di depan kelas. Seiring dengan perkembangan teknologi, pendidikan telah mengalami pergeseran yang mencolok dalam hal penggunaan media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Pemanfaatan teknologi telah membuka peluang baru dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif. Salah satu contoh yang menonjol adalah penggunaan animasi sebagai alat pembelajaran. Animasi memungkinkan visualisasi yang lebih hidup dan menarik, yang dapat membantu siswa memahami konsep-konsep yang kompleks dengan lebih baik. Dengan penggunaan animasi, materi pembelajaran dapat disajikan secara lebih interaktif dan menarik, memungkinkan siswa terlibat secara aktif dalam proses belajar mereka. Selain penggunaan animasi, teknologi informasi dan komunikasi telah memfasilitasi pengembangan berbagai media pembelajaran lainnya. Misalnya, penggunaan simulasi komputer dan permainan pendidikan telah menjadi populer dalam membantu siswa memahami konsep yang sulit dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.

D. Rangkuman

Sejak awal tericiptanya animasi memang diciptakan sebagai hiburan bagi para penonton, tapi semakin berjalannya perkembangan jaman fungsi aniamasipun semakin luas seperti dapat digunakan untuk media pembelajarannsupaya para murid tidak merasa bosan dan leboh exaited, lalu animasi juga dapat digunakan untuk media promosi dengan begitu iklan yang disajikan menjadi lebih unik dan dapat memiliki kesannya tersendiri.


E. Daftar Pustaka
https://www.linearity.io/blog/early-animation-devices/
https://eprosiding.idbbali.ac.id/index.php/senada/article/view/147
http://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/viewFile/3212/2692

Komentar

Postingan populer dari blog ini